Profil MI Al-Hikmah Kajen




Perguruaan Islam Al-Hikmah (PRIMA), didirikan KH. Moh. Ma’mun Muzayyin pada 1989, awalnya adalah Madrasah Diniyyah (MADINAH). Tapi pada perkembangan berikutnya, berdiri Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) pada 1993, kemudian disusul Madrasah Ibtidaiyyah pada 1995.

Pada dasarnya, madrasah tersebut lahir dari pngembangan sistem pendidikan bandongan/sorogan Pondok Pesantren Majelis Ta’lim Al-Hikmah (PERMATA) yang sudah lebih dulu lahir pada 1979. Dengan ketokohan dan kharismatik KH. Moh. Ma’mun  Muzayyin, sehingga dalam waktu yang sangat relatif, Madrasah beserta Pesantren PERMATA Putra/Putri terwujud untuk mengemban amanat dari para Wali Santri dan Wali Murid.

Perkembangnya pun begitu pesat, pada awal berdirinya (1993/1994), MA Al-Hikmah memiliki siswa sebanyak 105 siswa, 55  (pa) dan 50  (pi). Dalam perjalanannya, MA Al-Hikmah berstatus TERDAFTAR. Dengan berbagai pertimbangan prestasi akademiknya, maka pada 5 Desember 1995, mengajukan akreditasi  dan Alhamdulillah lolos dengan status DIAKUI.
Tidak cukup sampai di sini, setelah mendapat status DIAKUI, lima tahun berikutnya, dengan memacu dan mengoptimalkan semua komponen dan potensi yang dimiliki, pada 22 Juni 2000 Madrasah ini DISAMAKAN.  Dan pada 27 Juni 2005 sebagai TERAKREDITASI dengan peringkat  B ( Baik ).
Selain prestasinya dalam berakreditasi, siswanya juga berprestasi dalam EBTANAS/UAN, dengan kelulusan 100 persen. Bahkan pada 1995/1996, dapat rangking 1 dari 10 besar se KKMA Pati Utara.
Prestasi lainnya, menjuarai MTQ pelajar tingkat Kabupaten dan dua kali menjuarai MTQ pelajar tingkat Propinsi se Jawa Tengah kategori terbaik 1 (satu), yang diwakili Moh. Dzulqornain Kelas III MA pada 1999/2000. dan Moh. Aniq Khoirul Basyar Kelas III MA pada 2003/ 2004.

Perguruan Islam Al Hikmah (PRIMA) Kajen, bernaung dalam satu Yayasan dengan Pesantren Majlis Ta’lim Al-Hikmah (PERMATA) yaitu Yayasan Al Hikmah yang diasuh KH, Moh, Ma’mun Muzayyin. Pada 1996, memiliki Koperasi bernama Kopontren PERMATA MITRA SEJAHTERA, yaitu sebuah lembaga keuangan yang berbadan hukum. Koperasi ini merupakan wahana untuk mensejahterakan Guru dan Karyawan MA Al-Hikmah .

Madrasah Aliyah Al-Hikmah berada di tengah-tegah Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, yaitu Desa  yang terletak di sebelah utara Kota Pati 17 KM, merupakan Desa yang telah banyak berjasa menyumbangkan putra-putri terbaiknya terhadap bangsa, negara dan agama. Nampaknya tidak berlebihan, karena desa ini banyak dihuni  ulama-ulama besar beskala nasional dan internasinal yang tekun mengajarkan berbagai literatur ilmu-ilmu agama Islam hasil karya ulama-ulama (mutaqoddimin dan mutaakhirin).

Disamping lembaga pendidikan formal (Madrasah), desa ini juga banyak lembaga non formal  (Pondok Pesantren), yang kelahirannya telah dibidani oleh ulama-ulama kharismatik dan berhaibah tinggi dilingkungan ummatnya, dan telah mampu menjadikan tampilan wujud desa ini menjadi sangat berbeda bila dibandingkan dengan desa-desa lain di Kabupaten Pati pada Khusunya dan daerah-daerah lainnya pada umumnya. Bahkan Desa Kajen praktis menjadi kiblat referensi dan rujukan dari berbagai penyelesaian persoalan agama, keagamaan dan keberagaman secara macro. Di desa yang indah inilah KH. Moh. Ma’mun Muzayyin dilahirkan, dibesarkan dan kemudian berjuang memperbaiki dan memberdayakan umat lewat “Majelis Ta’lim” diantaranya, Pengajian “Kemisan” yang diikuti masyarakat umum (khusus Bapak-Bapak) dan Pengajian Ahad Siang yang diikuti masyarakat umum (khusus Ibu-Ibu).

Sejak dibuka Kelas 1 Aliyah tahun 1993 MA Al-Hikmah masih  menumpang  dan menempati gedug milik Madrasah Diniyah Al-Hikmah yaitu Madrasah keagamaan yang lebih dahulu kelahirannya.
Setahun berikutnya, didirikan tahap I gedung sekolah dengan konstruksi bangunan bertingkat II (dua). Gedung ini langsung dipakai dan dimanfaatkan untuk kegiatan proses KBM sembari menyempurnakan bangunan gedung lantai II, yang selanjutnya ditempati siswa putra–putri dalam satuan terpisah.
Pada 2001 dibangun dan didirikan pula tahap II sebuah gedung dengan kontruksi bagunan tingkat III yang berada di sebelah barat gedung I (induk) berjarak  kurang lebih 50 M . Selanjutnya gedung ini difungsikan sebagai tempat pembelajaran siswa putri baik tingkat Ibtidaiyyah, Tsanawiyah, Aliyah  dan Diniyah.

Tahun 2002, disusul berdirinya bangunan dengan kontruksi berlantai III (tiga) berhadapan dengan Gedung Induk, yang terdiri dari 4 lokal. Gedung ini masih dalam proses pembangunan penyempurnaan dan menjadi problem unik dalam  Yayasan sehubungan dengan meninggalnya KH. Moh.Ma’mun MZ. Di Makkah pada 2003.
Pada 2003, di bangun pula gedung berkontruksi lantai II yang diharapkan kegunaan fungsinya sebagai gedung serba guna. Karena musibah tersebut di atas, maka bangunan ini baru berupa kerangka yang berbentuk tiang-tiang cor beton sebagai pilar calon bangunan.

A.  Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya MI. Al-Hikmah Kajen

MI. Al-hikmah Kajen adalah sekolah yang terletak dikawasan pemukiman padat penduduk dan pondok pesantren, 19 km sebelah utara dari kota kabupaten pati, tepatnya terletak di Rt 05 Rw 01 desa kajen kecamatan margoyoso. MI alhikmah kajen dengan luas kurang lebih 910 m, berada jauh dari jalan raya sehingga sangat terbebas kebisingan lalu lintas.

MI Al- Hikmah adalah salah satu  jenjang  dari beberapa jenjang pendidikan  dibawah naungan Yayasan Al-Hikmah. Hakikat lahirnya  MI Al-Hikmah adalah sebagai hasil kreatifitas berfikir secara cerdas KH. Moh. Ma’mun Muzayyin setelah melihat  realitas santri yang datang dari berbagai daerah dengan stratifikasi pendidikan yang berbeda.

Karena itu MI. Al-Hikmah  adalah sebagai pengembangan dari sistem pengajian sorogan  Pondok Pesantren Al-Hikmah  yang lahir pada tahun 1979.

Sedangkan MI Al-Hikmah yang lahir pada tahun 1995 dan berada di tengah-tengah Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

 

1.        B. PERIODISASI KEPEMIMPINAN MI AL-HIKMAH KAJEN DENGAN SEGALA UPAYANYA.

a.      Periode pertama 1995– 2005  Samu’in Wage ( Kepala Madarash Pertama )

Dengan berbekal Surat Izin Membuka Penyelenggaraan pendidikan Dari Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah No. Mk.07/3.d/PP.03.2/602/1995 tanggal 16 Mei 1995  maka  MI. Al-Hikmah memulai  prosess belajar dan mengajar dengan kondisi sarana prasarana sangat sederhana dengan meminjam salah satu ruang Milik Pondok Pesantren dengan memiliki siswa-siswi sebanyak :

                  1. Kelas I MI Putra   : 5

                  2. Kelas I MI Putri    : 3

Kondisi ini berubah setelah beberapa tahun berikutnya  yaitu tahun 1996 dengan dibangunnya  konstruksi bangunan bertingkat II dan dalam keadaan darurat lantai dasar gedung ini langsung di tempati  untuk proses  KBM.  Tahun-tahun berikutnya  MI Al-Hikmah berangsur-angsur mengalami kemajuan, baik dalam segi kwalitas  maupun kwantitas siswa. 

Maka  pada tahun 2000 MI Al-Hikmah naik statusnya sebagai Terdaftar setelah lima tahun yang lalu (1995) Status MI Al-Hikmah masih bersetatus perizinan menyelenggarakan pendidkan Madrasah Tingkat Ibtida’iyah.

b.      Periode ke dua  2005- 2006  Syaifuddin Zuhri ( Kepala MI. Ke dua )

Melanjutkan usaha kepala madrasah sebelumnya, mulai mengadakan peningkatan-peningkatan dalam proses KBM hal ini membuahkan hasil yaitu dalam beberapa kelulusan dalam menempuh Ujian Negara MI Al-Hikmah Kajen mencapai angka kelulusan dari  100%. Kemudian  pada tanggal 16 Mei  2005 melalui Akriditasi mendapatkan status sebagai Madrasah TERAKREDITASI ‘’ B ‘’. Dari Status sebelumnya  sebagai Madrasah berstatus “ TERDAFTAR”

c.           Periode ke tiga 2006- 2014 Riyanto, S.Ag. , M.Pd. (Kepala MI )

Pada pereode ini Madrasah dihadapkan dengan perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran di tiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban mengajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum di Madrasah MI Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, muatan lokal dan komponen pengembangan diri.

Dan pada periode ini yang tepatnya pada tanggal 27 oktober 2011 MI Al-Hikmah menaikkan statusnya dengan di akriditasi dengan nilai “ A” ( amat baik )


d.       Periode ke empat  2014 s/d 2023, Saeful Mudjab, S.Pd.I, M.Pd. ( Kepala MI Ke Empat)

Pada pereode ini adalah masa periode penataan guru, Kualitas sistem pendidikan secara keseluruhan berkaitan dengan kualitas guru. Hal ini dikarenakan guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan, khususnya dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal.

Guru sebagai sebuah profesi yang sangat strategis dalam pembentukan dan pemberdayaan anak-anak penerus bangsa, memiliki fungsi yang semakin signifikan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pendidik, merupakan sebuah keharusan yang memerlukan penanganan yang lebih serius. Untuk itu pemerintah secara resmi telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainya sebagai tenaga profesional. Sebagai tenaga profesional, guru diharapkan dapat melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis dan berakhlak, serta menjadi teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat. Dan pada periode ini Diknas sedang menerapkan kurikulum K-13 yang sudah dilaksanakan  tahun ajaran 2017 / 2018  sampai saat ini

Periode ke lima  2023 s/d saat ini, Mohamad Ansori, M.H. ( Kepala MI Ke Lima)

Pa  Pada Periode ini Madrasah dihadapkan dengan perubahan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang baru yaitu Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Demikian sekilas Sejarah Berdirinya MI Al-Hikmah Insya Allah akan berlanjut ke pereode-pereode berikutnya.

Sesuai dengan peraturan yang ada  bahwa menyusun perencanaan/program madrasah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk itu madrasah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplementasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Madrasah (RKKM) untuk jangka satu tahun kedepan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin madrasah dan kegiatan-kegiatan pengembangan madrasah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.


C.    Identitas Sekolah

1.    Nama Madrasah

: MI. Al-Hikmah Kajen

2.    NSM

: 11233180177

3.    NPSN

: 60712225

4.    Jenjang Akreditas

: A

5.    Alamat Madrasah

: Kajen

Propinsi       

: Jawa Tengah

Kabupaten  

: Pati

Kecamatan

: Margoyoso

Desa

: Kajen

Nomor Telepon

: (0295) 4590020

6.    Status Tanah

: Wakaf

Jumlah Tanah yang dimiliki

: 1.750 M2

Jumlah Tanah yang bersertifikat

: 1, 750 M2

Luas Bangunan Seluruhnya

: 316 M2

7.    Nomor Rekening

: -

8.    Nama Bank

: -

9.    Nama Pemegang Rekening

: -

 

 


D. Data Sarana Prasarana

a.    Data Tanah dan Bangunan.

1. Jumlah Tanah yang dimiliki                1.750 M2

2. Jumlah Tanah yang bersertifikat       1, 750 M2

3. Luas Bangunan Seluruhnya                316 M2

 

E.  Identitas Kepala Madrasah Sekarang

a. Nama dan gelar                                    Mohamad Ansori, M.H.

b. Pendidikan terakhir                             : S2

c.  Pelatihan yang pernah diikuti           : -

 

F.  Keadaan Siswa

Tahun Pelajaran

Jml. Siswa

2003/2004

123

2004/2005

135

2005/2006

137

2006/2007

140

2007/2008

140

2008/2009

142

2009/2010

148

2010/2011

162

2011/2012

#Null

2012/2013

#Null

2013/2014

#Null

2014/2015

#Null

2015/2016

#Null

2016/2017

#Null

2017/2018

#Null

2018/2019

237

2019/2020

247

2020/2021

263

2021/2022

264

2022/2023

272

2023/2024

261

G.   Keadaan Guru dan Staff

No

Ijazah Tertinggi

Guru Tetap

Guru Tidak Tetap

Jumlah

1

S2

2

-

2

2

S1

17

-

17

3

D2

-

-

-

4

PGA/MA

2

-2

5

Pesantren

-

-

-

 

Jumlah

22

-

22

H.   Sarana Prasarana

No

Jenis Ruang

Yang ada

Seharusnya

1

R. Kelas

12

12

2

R. Laborat

1

1

3

R. Ketrampilan

1

1

4

R. Guru

1

2

5

R. Perpustakaan

1

1

6

R. Kepala Madrasah

1

1

7

R. BP

1

1

8

R. Tata Usaha

1

1

 I.  Potensi Lingkungan Madrasah Yang Mendukung

a.    Minat lulusan asal TK/RA sekitar untuk memasuki madrasah ini cukup tinggi

b.    Tenaga pengajar yang memadai

c.    Kepedulian masyarakat Kajen dan sekitarnya terhadap pendidikan

d.   Hubungan yang baik antar instansi terkait.

0 Komentar